Semeton

5 Cerita Rakyat yang Terkenal di Bali

 Jumat, 10 Februari 2023, 11:00 WITA

IKUTI BERITABALI.TV LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.tv, Bali. 

Pulau Bali terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang memukau. Namun, di luar itu ternyata menyimpan banyak cerita rakyat di dalamnya. Berikut ini adalah 5 cerita rakyat Bali yang terkenal dan masih sering kita dengar hingga sekarang.

1. Legenda Putri Ayu Bali

Pada zaman dahulu 4 orang anak raja yaitu 2 laki-laki dan dua perempuan. Pada suatu hari keempatnya mencium sesuatu yang harum sekali.

Mereka pun mencari dari mana bau harum itu berasal. Dalam perjalanan si putri bungsu terpesona pada alam sehingga memilih tinggal di pura Batur Gunung Batur.

Ketiga kakaknya pun kembali meneruskan perjalanan. Akhirnya kakak yang paling tua tiba di desa Trunyan Bali dan bertemu dengan seorang Putri cantik bernama Putri Ayu, kemudian menikahi nya.

2. Cerita Rakyat Bali Tentang Kesuna dan Bawang

Bawang adalah anak yang manja sedang Kesuna Sebaliknya.

Suatu hari Kesuna pulang dimarahi oleh ibunya hingga diusir. Hal ini membuat Kesuna berlari ke hutan. Kemudian ia melihat burung Crukcuk Kuning.

Setiap burung Crukcuk itu mematuk ia pun mendapatkan banyak emas.

Kesuna pulang ke rumah dan burung Crukcuk kuning mematuk tubuh si Bawang. Namun, yang ia dapat adalah luka dan lilitan hewan ular.

3. Cerita Ratu Leak Calonarang Rangda Nateng Girah

Pada masa pemerintahan Airlangga yaitu di desa Girah ada sebuah Perguruan Ilmu Pengeleakan yang dipimpin oleh seorang janda yang bernama Ibu Calonarang (nama julukan dari Dayu Datu).

Ibu Calonarang mempunyai seorang putri yang bernama Diah Ratna Mengali. Namun putrinya tidak kunjung dipinang.Ibu Calonarang sedih sekaligus marah karena ia tidak bisa mempunyai keturunan kelak.


Halaman :






Hasil Polling Calon Gubernur Bali 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending Terhangat