Kuliner

Tipat Kuah Bali, Perkuat Daya Tahan Tubuh

 Kamis, 21 April 2022, 13:25 WITA

IKUTI BERITABALI.TV LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.tv, Denpasar. 

Bali memiliki aneka kuliner khas dengan bumbu yang didominasi rempah rempah. Salah satuya tipat kuah bumbu rempah yang dipercaya berkhasiat meningkatkan stamina tubuh.



Tipat kuah bumbu rempah ini dijual di kawasan Renon Denpasar. Warung ini buka mulai pagi hingga sore dan selalu ramai pengunjung. Pembuatan tipat kuah diawali dengan membuat bumbu yang didominasi rempah rempah.

Bumbu rempah yang disebut basa genap atau bumbu lengkap ini, dibuat dari 15 jenis rempah rempah. Semuanya dicampur menjadi satu seperti lengkuas, jahe, kencur, bawang putih, bawang merah, cabai besar dan kecil, serai, kemiri, dan beberapa jenis bumbu lainnya.

Setelah bumbu tipat kuah selesai dibuat, hidangan tipat kuah rempah disiapkan. Tipat kuah rempah terdiri dari lawar, sayur urap, tipat atau ketupat, dan tentu saja kuah yang hangat.

Ketupat yang dibelah dua ditaburi lawar berbahan sayur nangka muda dan sayur daun pakis. Tipat kuah juga dilengkapi sayur urap yang terbuat dari campuran taoge, kacang panjang, dan bawang merah goreng yang diaduk dengan parutan kelapa berbumbu.

Pelengkap lain dalam hidangan tipat kuah adalah sambal, kelapa parut, kacang goreng, jagung yang disangrai, dan ayam suir.

Terakhir hidangan ini disiram kuah kaldu ayam, yang menjadi ciri khas tipat kuah. Di saat pandemi corona, tipat kuah menjadi salah satu kuliner yang dicari warga.

Dengan menyantap tipat kuah, warga percaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, dan terhidar dari penularan virus corona.

Penulis : bbn/beritabali.tv