News

Cek Fakta : Gelombang Tinggi di Selat Bali Mengamuk Sapu Bersih Pesisir Pada 14 April

 Jumat, 19 April 2024, 18:00 WITA

IKUTI BERITABALI.TV LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.tv, Nasional. 

Beredar video di Youtube yang menyebutkan jika pada 14 April 2024 kemarin Selat Bali mengalami gelombang tinggi yang menyapu bersih wilayah pesisir.  Dari narasi video tersebut berbunyi “Bencana hari ini pagi, 14 April 2024 Selat Bali kembali mengamuk, gelombang dahsyat sapu bersih pesisir. Namun setelah diamati, ternyata isi yang dijelaskan dalam video tersebut hanya membacakan ulang sebuah artikel yang berjudul “BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Hingga 2,5 Meter di Perairan Lampung, Sulawesi dan Selat Bali” yang diterbitkan oleh Tempo pada 8 April 2024. Pada artikel tersebut hanya menjelaskan mengenai imbauan dari BMKG jika pada 8-9 April 2024 akan berpotensi muncul gelombang tinggi hingga 2,5 meter di beberapa wilayah pesisir Indonesia.

Peringatan tersebut melingkupi sejumlah perairan di Indonesia antara lain di barat Lampung, Samudra Hindia Barat Pulau Sumatra, perairan selatan Pulau Jawa, Selat Bali, Samudra Hindia Selatan Pulau Jawa, Laut Sulawesi, Laut Maluku bagian utara, perairan utara dan timur Halmahera, Laut Halmahera, serta perairan utara Papua Barat.

Baca juga:
Beredar Video Gelombang Tinggi, Pulau Bali Hanyut, Begini Faktanya

Faktanya hingga saat ini tidak ada pemberitaan yang mengatakan jika Selat Bali mengamuk hingga sapu bersih wilayah pesisir seperti yang disebutkan dalam klaim, isi dari video hanya mengenai peringatan dari BMKG tentang potensi gelombang tinggi selama arus mudik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan tersebut memuat informasi yang tidak benar dengan kategori konten menyesatkan.

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/fQk7vszQGA0 (arsip)

https://tekno.tempo.co/read/1854579/bmkg-ingatkan-potensi-gelombang-hingga-25-meter-di-perairan-lampung-sulawesi-dan-selat-bali
 

Penulis : bbn/beritabali.tv

Editor : I Kadek Ade Chandra Putra







Hasil Polling Calon Gubernur Bali 2024

Polling Dimulai per 1 April 2024


Trending Terhangat