News

Bencana Alam Gempa di Cianjur Berikut Kumpulan Videonya, Menelan Sebanyak 268 Korban Jiwa?

 Rabu, 23 November 2022, 11:00 WITA

IKUTI BERITABALI.TV LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.tv, Nasional. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa magnitudo 5,6 terjadi di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) siang.



Guncangan gempa Cianjur dapat dirasakan hingga sejumlah wilayah, termasuk DKI.

BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Kendati demikian, masyarakat diimbau untuk berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Berikut ini daftar wilayah yang merasakan guncangan gempa M 5,6 Cianjur:

1. Cianjur skala V-VI 

Korban meninggal dunia gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bertambah menjadi 268 orang per pukul 17.00 WIB, Selasa (22/11). Dari jumlah itu, 122 orang telah teridentifikasi.

Sebelumnya, berdasarkan data BPBD Cianjur yang diunggah akun Instagram Pemerintah Kabupaten Cianjur, korban meninggal dunia 252 orang, dan 31 orang masih dalam pencarian.

Data itu diunggah di akun Instagram @pemkabcjr dan @diskominfocianjur pada Selasa (22/11).

2. Garut skala IV-V 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada pukul 13.21 WIB di barat daya Kabupaten Cianjur getarannya dirasakan pada skala IV dan V MMI di Garut.

Getaran pada skala IV MMI pada siang hari dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah dan beberapa orang di luar rumah serta menyebabkan gerabah pecah, jendela atau pintu berderik, dan dinding berbunyi.

3. Bogor skala III 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melaporkan, sampai Selasa (22/11/2022) siang,  sebanyak 40 bangunan mengalami kerusakan imbas guncangan gempa tersebut.

Staff Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin menyebutkan, kerusakan bangunan dampak gempa itu tersebar di 19 desa di tujuh kecamatan.

Adapun kerusakan paling banyak ada di wilayah perbatasan atau Kawasan Puncak Bogor yang terdiri dari tiga kecamatan yaitu Cisarua, Megamendung, dan Ciawi.

4. DKI Jakarta skala II-III 

Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 dengan pusat gempa berasal dari 10 kilometer barat daya kabupaten Cianjur Jawa Barat terasa hingga ke DKI Jakarta. Guncangan gempa juga dirasakan oleh sejumlah pegawai yang berkantor di gedung bertingkat dan langsung melakukan evakuasi pada saat gempa terjadi.

5. Sukabumi skala IV-V 

Sebanyak 52 rumah di sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/11/2022), dilaporkan rusak terdampak gempa Cianjur magnitudo 5,6.

Sekolah yang terdampak di Kecamatan Kadudampit, Gegerbitung, Sukabumi, dan Cicantayan. Sedangkan sarana ibadah di Kecamatan Sukabumi.

Penulis : Tim Liputan

Editor : Putu Anggia Hasianna







Hasil Polling Calon Gubernur Bali 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022